The Most Wanted Education

Sekolah….

Seneng gak kalo sekolah??? Relatif ya,,,maybe ada yang berkata dengan penuh semangat “aku suka pergi ke sekolah!!! Yeahh,,,” (tanda tanya tuh,suka nya ke skolah mau cari ilmu ato mau ketemu pacar???hehe,,bercanda lho)

maybe ada juga yang jawab “males ah pergi ke skolah!!”(bener gak???)

Pada dasarnya,,,orang tua tuh menyekolahkan kita supaya jadi anak pintar dan jadi orang sukses pastinya,, Saat kita berada di tingkat Taman kanak-kanak kerjaan kita cuma main-main dan sedikit belajarnya kan (maklumlah masih piyik,,children kalo orang bule bilang),,,okelah,,,dalam tahap itu masih belum terlalu berpengaruh terhadap masa depan,,,

Tahap yang kedua adalah Sekolah dasar sampai 6 tahun ke depan,,,,tahap cukup penting kayaknya (yaiyalah,masa’ mau langsung masuk SMP,,,anak ajaib kalee)

Tahap yang ketiga yaitu sekolah menengah pertama (atau yg biasa disingkat SMP,,,,senandung masa puber??ya gaklah,kaya sinetron aja,yg maen Rafi Ahmad tuh),,pada stage ini(ceileh,,kok jd nge-game) pelajaran yang dipelajari sedikit lebih meningkat daripada di Sd. Dan biasanya pemahaman kita tergantung pada kemampuan yang kita miliki saat dalam stage Elementary School…bisa dibilang kalo di Sd kita tergolong anak yang pintar,di smp pun kita bisa lebih cepat bisa menangkap pelajaran (walaupun gak semua anak gitu)

And the last one(kalo mau nerusin kuliah yaa gak jadi the last ding)…Sekolah Menengah Atas. Kata temen-temen, masa masa di SMA adalah masa yang paling indah(emang bener gitu ya?). Di SMA kita bisa memilih jurusan yang kita mau,misalnya IPA,IPS,BAHASA,atau yang laen kalo ada,,,,Nah,,inilah pokok tulisanku yang sebenarnya. Aku mau mengungkap uneg-uneg yang tersimpan oleh para murid-murid kebanyakan. Kadang aku berpikir,kenapa sich kita harus mempelajari sesuatu yang tidak pernah kita sukai(misalnya Matematika gitu),,kenapa kita tidak diberi sebuah kebebasan untuk memilih pelajaran yang memang benar-benar ingin kita kuasai. Bukankah dengan memilih pelajaran yang benar-benar kita sukai akan membuat kita bisa belajar dengan sepenuh hati?? Bukan dengan setengah hati,seperempat hati, atau bahkan dengan sangat terpaksa!! Jangan-jangan pemerintah takut gak ada yang milih pelajaran Matematika,Kimia,Fisika ato yang sulit-sulit gitu,,kalo itu sich gak perlu khawatir,banyak kok yang malah merasa tertantang,jatuh cinta,bahagia,setia sama pelajaran yang membutuhkan kerja keras otak dan banyak menghitung. Beneran,aku gak bohong!

Ada seorang temanku yang ikut program AFS(American Field Service,sejenis pengiriman pelajar ke luar negeri gitu dech). Dia cerita sama aku,di sana dia bebas milih pelajaran yang dia mau,,akhirnya dia milih bahasa Spanyol,Portugis ama apa yaa aku lupa!!Trus pelajarannya itu lho,,gak cuman ada Fisika,Matematika,Kimia,Pkn,Bahasa Inggris dan pelajaran anak SMA pada umumnya,,banyak pilihannya. Enak banget kan?? Coba aja kalo Indonesia kayak gitu juga,,,pada semangat ke sekolah pasti. Apa mungkin salah satu penyebab kenapa pendidikan Indonesia masih kalah jauh ama pendidikan Amerika adalah hal yang tadi ya??? Bisa juga kan??

Huh,,,kapan ya Indonesia ganti sistem pendidikan?? Bukannya aku mudah terpengaruh budaya luar negeri bro,,aku juga tahu Indonesia has it’s own style on it’s education. Tapi tulisanku ini cuman mau ngeluarin isi hati aku dan beberapa temanku,,,
Pak SBY,,,(pak Jusuf Kalla juga) baca blog saya dong,,,

1 Response so far »

  1. 1

    giltbeverly said,

    Ki gweanmu dwe g…??????


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment